Mengonsumsi Seafood Secara Aman Selama Kehamilan

Posted by boenes on Monday, February 12, 2018

Bagi para calon ibu dan ayah, pastinya sudah tahu bahwa seafood bukan termasuk makanan yang ada di dalam daftar makanan sehat untuk ibu hamil muda (trimester pertama). Hal ini lumrah dikarenkan seafood mengandung merkuri. Loh kok bisa? Merkuri ini berasal dari sampah-sampah yang dibuang ke sungai atau laut. Dan masalahnya jika zat beracun ini terlalu banyak di tubuh dapat menghambat perkembangan otak dan sistem saraf.

Selain merkuri, seafood juga memiliki resiko cacing pita jika dikonsumsi mentah. Cacing pita merupakan jenis parasit yang merugikan karena bisa mencuri nutrisi dari tubuh inangnya.  Wah berarti, gak bisa makan seafood dong? Tetap bisa, namun para calon Ibu perlu mengikuti beberapa peraturan di bawah ini dengan baik dan taat. Peraturan apa? Berikut ini peraturannya:
  • Hindari mengkonsumsi seafood yang mengandung banyak merkuri seperti hiu, todak, makarel, atau jenis ikan besar lainnya karena ikan besar cenderung lebih gampang terpapar merkuri. Selain jenis ikan-ikan tadi, disarankan untuk menghindari konsumsi kerang-kerangan baik secara dalam jumlah banyak karena mereka juga gampang terpapar merkuri. Untuk kerang, perlu dimasak hingga matang sempurnah dan dikonsumsi cukup 1-2 aja dalam kurang waktu 3-4 bulan. Klo bisa, lebih disarankan untuk menghindari konsumsi kerang sama sekali.
  • Lebih disarankan mengonsumsi seafood yang biasa aman atau kandungan merkurinya rendah seperti ikan tuna, salmon, sarden, kembung, dan ikan. Dan disarankan mulai dikonsumsi memasuki trimester 2.
  • Hanya konsumsi seafood 220-340 gram per minggu. Dan seafoodnya harus yang mengandung merkuri yang rendah.
  • Tidak boleh mengonsumsi seafood yang diasap. Ingat, gak boleh walaupun dikit karena beresiko mengandung bakteri listeria yang bisa menyebabkan keguguran. 
  • Cara mempersiapkan makanan ibu hamil dengan baik terutama untuk seafood adalah dengan proses dipanggang, digoreng, direbus atau dikukus hingga matang sempurna. Hal ini untuk menghilangkan bakteri atau parasite yang kemungkinan bisa ada di dalam seafood.
  • Jangan coba-coba mengkonsumsi seafood dari area yang memang sudah rawan kontaminasi. Jangan mencobai diri sendiri.
  • Selama kehamilan dan menyusui, pastikan tidak mengkonsumsi sushi atau makanan lain dengan bahan seafood mentah. Pilih yang matang sempurna aja, toh rasanya juga enak. Sabar ya bunda :D

Mengkonsumsi seafood selama kehamilan? Why not.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment