Beberapa Keluhan yang Muncul Saat GERD Naik

Posted by boenes on Monday, December 25, 2017

Apa sebenarnya penyebab asam lambung naik? Sebagian dari Anda mungkin sempat bertanya-tanya, mengenai pertanyaan ini, kan? Nah, naiknya asam lambung atau dikenal pula dengan istilah GERD di dalam tubuh biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor penyebab. Misalnya seperti, keseringan mengonsumsi makanan pedas, meminum minuman yang mengandung kafein tinggi, merokok, dan sebagainya. Memang, saat kondisi ini menyerang tubuh, dapat membuat si penderita merasakan sakit yang teramat di bagian perutnya. 

Tidak hanya itu, saat asam lambung ini naik maka penderita akan merasakan sejumlah keluhan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Meningkatnya jumlah air liur di mulut.
2. Napas yang dikeluarkan berbau tidak sedap.
3. Bersendawa secara terus-menerus
4. Perut mengalami kembung padahal tidak konsumsi banyak makanan. 
5. Terjadi kerusakan di bagian gigi. 
6. Ketika menelan makanan maupun minuman terasa sangat menyakitkan. 
7. Bagian dada terasa sesak karena asam di bagian perut naik ke kerongkongan. 
8. Pita suara mengalami peradangan yang ditandai dengan tenggorokan terasa sakit dan suara berubah menjadi parau. 
9. Di bagian kerongkoran terasa ada yang mengganjal. 
10. Saluran pernapasan menjadi terhambat. 
11. Sensasi panas pada bagian dada atau heartburn 

Selain keluhan di atas, terdapat pula keluhan lain yang muncul akibat dari naiknya asam lambung di tubuh, berikut diantaranya:

1. Nyeri ulu hati. Mungkin, Anda pernah mengalami nyeri yang sangat hebat di bagian ulu hati ataupun mengalami perasaan terbakar di daerah dada. Nah, ini pertanda jika asam lambung Anda sedang meningkat dan naik menuju ke bagian esophagus. Nyeri yang dialami ini akan semakin sakit ketika Anda membungkuk ataupun mengonsumsi makanan.

2. Asma. Saat Anda diserang batuk parah yang disertai mulas akibat dari asam lambung masuk ke paru-paru maka kondisi ini berisiko memunculkan asma. Jika kondisi seperti ini terjadi, biasanya memberikan sensasi panas sekaligus sesak napas.

3. Mual. Setelah mengonsumsi makanan, apakah Anda pernah merasakan mual padahal tidak konsumsi banyak makanan? Nah, ini bisa menjadi pertanda jika asam lambung Anda sedang naik. 

Untuk menghindari supaya kondisi di atas tidak terjadi pada Anda, alangkah baiknya Anda tidak mengonsumsi makanan yang dapat menaikkan asam lambung tersebut. Semoga bermanfaat! –SH–

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment